10 Tips Merawat Ban Mobil

A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN
Tips Merawat Ban Mobil

10 Tips merawat Ban Mobil Kesayangan anda? simak disini.

Kenyamanan dan keamanan saat berkendara di jalan raya bukan hanya berasal dari jenis maupun merek mobil yang digunakan. Salah satu faktor penunjang kedua hal tersebut adalah ban.

Walaupun posisinya berada paling bawah dari bodi kendaraan, ban merupakan salah satu komponen paling penting. Tanpa ban, mobil tidak bisa berjalan atau melaju. Namun kebanyakan dari pemilik kendaraan menyepelekan atau bahkan tidak peduli dalam merawat ban mobil.

Sama seperti komponen mobil lainnya, ban juga butuh perhatian dan perlu dirawat secara rutin. Bila Anda jarang merawat ban mobil, dapat membuat umur pemakaian ban menjadi lebih singkat dan mudah rusak.

Selain faktor utama penunjang kenyamanan dan keamanan, ban mobil juga membantu kinerja mesin. Ban yang jarang dirawat bisa mengurangi performa kendaraan. Jika hal tersebut dibiarkan, bukan tidak mungkin konsumsi bahan bakar minyak menjadi meningkat alias boros.

Sebenarnya merawat ban mobil itu sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan ban sebaiknya mulai dilakukan ketika ban baru terpasang di velg, jadi jangan menunda berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun.

Berikut 10 Tips Merawat Ban Mobil :

1. Periksa tekanan angin ban mobil

tekanan angin ban
tekanan angin ban

Memeriksa tekanan angin ban jadi salah satu tips merawat ban mobil agar tahan lama, terlebih lagi buat kamu yang akan bepergian jauh dengan menggunakan mobil. Lakukan pemeriksaan secara berkala, paling tidak sebulan sekali. Pastikan tekanan angin ban mobil kamu sudah sesuai dengan yang direkomendasikan, tidak kurang dan tidak lebih.

Tidak main-main, ban mobil yang kurang angin bisa menyebabkan masalah cukup serius. Jika tekanan ban mobil kurang, maka hal tersebut akan mengakibatkan penggunaan BBM yang meningkat.

Sementara jika tekanan ban mobil terlalu keras, permukaan ban mobil akan menjadi lebih cepat halus sehingga sangat membahayakan kamu dan pengguna jalan lainnya

2. Merotasi ban mobil

Rotasi ban Mobil
Rotasi ban Mobil

Selain memeriksa tekanan angin, merotasi ban mobil juga jadi salah satu hal yang kerap dilupakan oleh banyak orang. Merotasi ban mobil dilakukan untuk memperpanjang umur pemakaian ban.

Ban depan mobil akan lebih rentan terjadi gesekan dan menyebabkan lebih cepat botak. Nah, sebelum permukaan ban rata, lebih baik kamu merotasi ban depan dengan ban belakang. Kamu bisa melakukan rotasi ban setiap 7.500 hingga 10.000 kilometer.

 

Baca juga : Spesifikasi lengkap Suzuki New Carry Pickup

3. Periksa keseimbangan ban mobil

balancing
balancing ban mobil

Tidak berhenti sampai di situ, agar ban mobil tahan lama, kamu juga wajib melakukan spooring dan balancing. Hal tersebut juga harus dilakukan secara berkala untuk memastikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Spooring dan balancing bisa dilakukan setiap pergantian ban baru, rotasi ban, atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu serta adanya gejala kemudi mobil menarik ke arah kanan atau kiri pada saat berkendara.

4. Rajin melakukan pengecekan visual

pengecekkan visual ban
pengecekkan visual ban

Kamu juga wajib melakukan pengecekan visual secara teratur dan tidak perlu ke bengkel untuk melakukan hal ini. Jika terdapat benjolan atau sayatan pada dinding ban, kamu perlu waspada. Sebab, hal itu bisa berakibat mengurangi daya tahan ban. Bahkan, kemungkinan terburuknya adalah ban mobil kamu bisa meledak.

 

 

baca juga : Spesifikasi Suzuki New Ignis 2020

5. Tutup pentil ban harus selalu terpasang

tutup pentil ban
tutup pentil ban

Sama seperti tekanan angin, tutup pentil juga termasuk hal sederhana yang sering kali dilupakan. Entah karena kamu kurang teliti atau memang sedang terburu-buru sehabis mengisi angin ban, tak jarang kamu lupa untuk memasang kembali tutup pentil ban.

Sebelum mulai mengemudi, pastikan tutup pentil ban sudah terpasang. Sebab, mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentilnya akan mengakibatkan ban mengalami kebocoran dan bisa mengurangi tekanan ban mobil kamu.

 

6. Bawa barang secukupnya

bawa barang secukupnya
bawa barang secukupnya

Tips merawat ban mobil agar tahan lama selanjutnya adalah membawa barang sesuai dengan anjuran dan tidak berlebihan. Beban yang berlebihan bisa mengakibatkan ban mobil jadi cepat rusak.

Kamu perlu memperhatikan kode pada bagian ban. Kode tersebut biasanya berisi keterangan seberapa berat beban yang bisa ditahan ban mobil kamu. Jadi, jangan memaksakan ban mobil kamu untuk menahan beban yang berlebih.

 

 

 

baca juga : Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R GS

7. Perhatikan ukuran ban

ukuran ban mobil
ukuran ban mobil

Kamu juga wajib memperhatikan jenis dan ukuran ban mobil. Yang perlu kamu ketahui, ban mobil jenis city car tentu akan memiliki jenis dan ukuran ban yang berbeda dengan mobil berjenis MPV.

Pastikan kamu menggunakan ban yang sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untuk kendaraan kamu.

 

 

8. Cek Kondisi Ban

cek kondisi ban mobil
cek kondisi ban mobil

Jangan lupa untuk memeriksa keadaan ban mobil secara keseluruhan. Baik bagian telapak ban, ataupun dinding samping ban, untuk mengecek apakah ada bagian ban yang “terluka”. Jika ada sobekan, goresan atau baret pada ban, pastikan tidak sampai pada lapisan benang ban (cord). Jika “luka ban” mengenai lapisan benang, berarti ban mobilmu harus segera diganti.

 

 

 

9. Bersihkan Tapak Ban dari Batu

bersihkan batu kecil di ban
bersihkan batu kecil di ban

Mumpung lagi di rumah, kamu jangan lupa untuk membersihkan telapak ban dari batu. Kenapa? Batuan kecil yang menempel di sela-sela telapak dapat melukai telapak ban. Jika dibiarkan terlalu lama bisa melukai lapisan dasar ban, yang merupakan anyaman kawat. Ini dapat menyebabkan korosi pada ban, dan ban menjadi mudah pecah.

 

 

 

10. Jangan Lupa Cek Kondisi Ban Cadangan

cek kondisi ban cadangan
cek kondisi ban cadangan

Karena jarang digunakan, banyak pemilik mobil yang lupa mengecek kondisi ban cadangannya. Hal ini dapat merepotkanmu dalam kondisi darurat, karena ban cadangan bisa kempes, atau lebih parah, rusak dan tak bisa  kamu gunakan. Ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kondisi ban cadangan mobilmu.

Gimana, Simple dan mudah bukan?

Semoga Informasinya bermanfaat, Untuk Informasi mobil baru Suzuki wilayah Cianjur, Sukabumi dan sekitarnya jangan lupa kunjungi Suzukicianjur.com

Arief Suzuki

Arief Suzuki

Adalah Seorang Marketing Mobil baru Suzuki Sejak 2013, Pemasaran di Cianjur ,Sukabumi, dan sekitarnya. sedang mempelajari internet marketing hingga sekarang.

Leave a Replay

Tentang Saya

Arief Roby adalah Seorang marketing Dealer Resmi Suzuki PT Restu Mahkota Karya, Sebagai Marketing Tentu saya diharuskan menjual mobil baru Suzuki, Disini saya berkomitmen memberikan informasi terbaru bagi calon customer yang membutuhkan. Perlu Spesifikasi, harga, serta simulasi kredit mobil baru Suzuki? Hubungi Arief aja ya!

Recent Posts

Follow Us

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Open Chat
Assalamualaikum Wr.Wb
Halo, ada yang bisa saya bantu?